Welcome to Official Site of Post Graduate Program Civil Engineering ITS
Anda disini: HomePreviewStrategy

Strategy

Strategi di Bidang Pendidikan

1. Meningkatkan rata-rata IPK mahasiswa

2. Menurunkan masa studi mahasiswa

3.Merancang kurikulum (termasuk metoda pembelajaran) yang berbasis pada pasar, dan melakukan evaluasi secara kontinyu

4.Pemanfaatan IT untuk peningkatan kapasitas mahasiswa maupun dosen

5.Peningkatan kapasitas mahasiswa dan staf pengajar

6. Revitalisasi laboratorium untuk mendukung Lab Based Education (LBE)

7. Meningkatkan jumlah mahasiswa asing dan student exchange

8. Meningkatkan peran alumni dalam penyusunan kurikulum baru

9.Meningkatkan komitmen dosen dalam bidang akademik

10.Mendorong partisipasi masyarakat untuk pengembangan program studi

 

Strategi di Bidang Penelitian

1. Mengoptimalkan infrastruktur dan sumber daya potensial untuk mendapatkan hibah penelitian

2. Meningkatkan dukungan untuk kegiatan penelitian , publikasi ilmiah

3. Revitalisasi laboratorium dengan membuat road map untuk penelitian yg bertaraf nasional maupun internasional

4. Mengoptimalkan peran alumni untuk meningkatkan kerjasama penelitian industri.

 

Strategi di Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat

1. Meningkatkan peran laboratorium agar menjadi ujung tombak (income center) bagi program pascasarjana teknik sipil

Strategi di bidang manajemen

1. Meningkatkan kerjasama pendidikan dan jejaring Program studi dengan berbagai pihak

2. Meningkatkan akreditasi Program Studi Magister

3. Pengoptimalan fungsi laboratorium sebagai ujung tombak riset, pengembangan ilmu keteknikipilan serta pengabdian kepada masyarakat

4.Meningkatkan jumlah guru besar dan dosen berkualifikasi S3

5. Meningkatkan jaminan mutu proses pendidikan di PPs. T.Sipil 

 

Untuk mengembangkan program studi sesuai dengan sasaran yang telah diuraikan sebelumnya maka dilakukan kegiatan yang optimal pada setiap komponen dasar pelaksanaan program studi yang meliputi masukan, proses dan luaran, sebagai berikut:

A. Pada Masukan, dilakukan:

1. Pada masukan,dilakukan rekrutmen mahasiswa yang berkualitas sesuai dengan baku mutu Program Pascasarjana dimana calon mahasiswa lulus syarat minimum bahasa asing, TPA dan ujian bidang keahlian

2. Pada masukan dilakukan rekruitmen dosen yang berkualitas sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan ITS dengan lulus syarat bahasa asing, TPA dan test wawancana.

 

B. Pada Proses, dilakukan:

1. Penyusunan kurikulum 2019 yang berbasis pada kebutuhan stakeholders dan melakukan evaluasi secara kontinu.

2. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang didukung oleh sarana prasarana berupa pemanfaatan IT yaitu peningkatan online information terkait kegiatan akademis yaitu peningkatan akses jurnal internasional, Peningkatan data base e-book, peningkatan kecepatan akses internet (penambahan bandwith, access point) 5 Mbps, peningatan fasilitas video conference untuk kerjasama pendidikan maupun penelitian (dalam maupun luar negeri).

3. Meningkatkan kerjasama dibidang pendidikan maupun penelitian dengan melakukan kolaborasi riset dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri serta menggandeng industri untuk mendapatkan hibah penelitian di tingkat nasional/internasional.

4. Program pengembangan kemampuan pengajaran dilakukan dengan mendukung dosen untuk terus melakukan penelitian serta mempublikasikannya dengan memberikan bantuan dana maupun reward berupa insentif dan memberian punishment berdasarkan kinerja dosen.

5. Peningkatan kemampuan bahasa asing (khususnya Bahasa Inggris) bagi mahasiswa dan dosen yang akan mengikuti program pendidikan luar negeri, seperti: Joint degree, Joint supervisor, Full scholarship, dsb.

6. Promosi keunggulan, kapasitas dan service yang disediakan laboratorium kepada instansi pemerintah dan swasta, khususnya di wilayah Indonesia timur.

7. Persiapan Akreditasi Program Magister PPs Teknik Sipil ITS dan sertifikasi ISO. 

 

C. Pada Luaran, dilakukan: 

1. Sharing informasi dan diskusi secara kontinu dengan melibatkan para alumni dan stakeholder.